Rabu, 10 Februari 2010

Mengenal Pesantren Nurul Fitri

PENDAHULUAN

Pondok Pesantren (PP) Nurul fitri adalah sebuah Pesantren yang berada dibawah naungan Yayasan Sosial dan Pendidikan Nurul Fitri dengan akta notaris tahun 2000. Lembaga ini pada awalnya hanya mengelola Taman Kanak-kanak Al-qur’an (TKA) yang pada yang pada proses selanjutnya menjadi Raudlatul Athfal (RA) dan Majli Ta’lim ibu – ibu dari lingkungan di sekitar yayasan, dengan menempati lahan seluas 1925 m² dan bangunan 500 m² milik bapak. H. Iking Rukmantara, BE , yang selanjutnya pada tahun 2007 sebelum beliau wafat dengan disetujui oleh para ahliwarisnya lahan dan bangunan seluas 1700 m² di wakafkan kepada yayasan Nurul Fitri.

Berangkat dari visi dan misinya yaitu :

Visi : Menjadikan Islam sebagai fundamen dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lewat sarana pendidikan yang ditanamkan sedini mungkin dengan sistem pengajaran yang professional,tepat guna dan beroreintasi kepada masa depan.

Misi : Menjadikan Pesantren Nurul Fitri sebagai sarana pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan dengan memiliki :

1. Prinsip hidup dan kepribadian yang mantap, dengan dilandasi keyakinan yang kokoh kepada All0h SWT.

2. Wawasan ilmu pengetahuan luas, memiliki ketajaman berfikir, cerdas, tangguh, dinamis, progressive, innovative, professional dan berjiwa besar.

3. Keterampilan yang dapat diandalkan untuk hidup di masyarakat pandai membaca situasi dan kondisi, tegas, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, mandiri dan mampu menjadikan dirinya sebagai agen perubahan (agent of change), berakhlakul karimah dan uswah hasanah bagi ummat.

Maka untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut, atas prakarsa ketua yayasan bapak Ir. Nanang Suharna juga dengan persetujuan pemilik lahan dan bangunan yaitu Bapak H. Iking Rukmantara, BE pada tahun 2005 didirikan Pondok Pesantren Nurul Fitri dan untuk mengelola kegiatan PP tersebut dibentuklah dewan asatid dengan menunjuk salah seorang dari penasehat yayasan yaitu K.H. E. Muhtadin untuk memimpinnya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu akhirnya pada tahun 2007 Ponpest Nurul Fitri dipimpin langsung oleh ketua Yayasan, yaitu: Ir. Nanang Suharna

ORGANISASI KELEMBAGAAN

Pondok Pesantren Nurul Fitri diselenggarakan oleh Yayasan Nurul Fitri. Struktur kepengurusan yayasan ini terdiri atas Dewan pembina Dewan penasehat, pengurus harian dan sejumlah seksi – seksi. Disamping mengelola Pondok Pesatren, Yayasan ini pun mengelola Raudlathul athfal, Madrasan Diniyah Awaliyah (MDA), Wustho, MA (dalam proses), program paket penyetaraan A, B, C dan lembaga-lembaga pelatihan / kursus-kursus serta perguruan tinggi.

KEGIATAN PENDIDIKAN

Pondok Pesantren Nurul Fitri adalah pondok tradisional yang berwawasan progressive. Dengan tetap mempertahankan metoda tradisional sorogan dan bandongan sebagai metoda utama pembelajaran namun tidak menafikan metoda-metoda pembelajaran modern. Keduanya dipadukan secara harmonis dan dinamis, sehingga diperoleh hasil yang maksimal dari kedua metoda pembelajaran tersebut.

Ilmu-ilmu diniyah merupakan pelajaran utama Pondok pesantren, sementara untuk pengayaan diambil dari pembelajaran bahasa asing (Arab & Inggris) dan ilmu-ilmu sosial modern (social science) serta ilmu-ilmu keterampilan. Maka metoda sorogan, bandungan, perkuliahan, kursus-kursus dan pelatihan-pelatihan effective dipraktekan di PP Nurul Fitri.

Untukmewujudkan visi dan misinya, maka kegiatan pendidikan yang ada di Nurul Fitri pada saat ini meliputi antara lain :

1) Pondok Pesantren Nurul Fitri

1.1) Program Pendidikan Umum

Bagi santri mukim (tinggal di pondok), setiap harinya yaitu dari pukul 07.30 s.d. 11.45, mereka diberikan materi pelajaran umum, seperti: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab. Matematika, Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi, dan SKI.

1.2) Program Kepesantrenan

Sebagai pondok pesantren yang bercorak kombinasi antara salaf dan kholaf, Nurul Fitri tetap mempertahankan ciri khas pendidikan pesantren salaf. Ciri khas itu antara lain pengajian ktab-kitab kuning yang dilaksanakan sore hari dan pagi hari dengan materi : Fiqih, Ushul fiqih, tauhid, nahwu, sharaf, balaghah, akhlak/tasawuf, tafsir Qur’an, hadis, mustholah hadis, ilmu tafsir, qowidul fiqih, tajwid dan sejarah islam.

1.3) Program Wajar Dikdas 9 tahun

Sungguh sangat memprihatinkan, di zaman yang serba canggih ini masih ada di tengah-tengah kita yang belum bisa menyelesaikan pendidikan dasar 9 tahun. Oleh karena itu, kami merasa terpanggil untuk memfasilitasi mereka. Mereka datang seminggu sekali yaitu hari minggu, karena kesehariannya mereka harus bekerja ada yang dibengkel, ada yang menjadi pemungut sampah, dan ada juga mengurus terna

1.4) Kegiatan Ektrakurikuler

a. Karate

Seminggu dua kali, para santri ikhwan dari santri yang mukim diberikan bimbingan olah raga karate.

b. Nasyid

Seminggu sekali, para santri yang mukim diberikan bimbingan dalam bernasyid (menggunakan alat musik Kompang)

c. Hifzhul Qur’an

Setiap ba’da shalat, santri yang mukim secara bergiliran diharuskan untuk menambah hafalan baru dan menjaganya.

d. Tilawatul Qur’an

Seminggu sekali, santri yang mukim diberikan bimbingan tilawatul Qur’an (materi lagu-lagu dalam membaca al-Qur’an)

e. Pelatihan Bahasa

Setiap harinya, santri yang mukim dituntut untuk selalu berbicara dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

f. Keterampilan Menjahit

Seminggu sekali, santri yang mukim dari akhwat diberikan pelatihan menjahit.

g. Keterampilan Pengelasan dan bangunan/pertukangan

h. Keterampilan komputer dan sablon (percetakan)

2) Madrasah Diniyah Awwaliyah Nurul Fitri

- MDA Nurul Fitri baru tahun ini (2007) dibentuk, karena 2 tahun sebelumnya merupakan TPA yang merupakan kelanjutan dari TKA.

3). Raudhatul Athfal /Taman Kanak-kanak Nurul Fitri

a. Santri diajarkan berbagai bentuk keterampilan M3 (Melipat, Menggunting, Menempel) dll.

b. Santri juga mendapatkan BMC (Bernyanyi ,Menari,Bercerita).

c. Hapalan Do’a-do’a.

d. Belajar Iqro dan latin diberikan secara privat dan klasikal.

e. Belajar berhitung dan bahasa Inggris sederhana

4). Majlis ta’lim

Sebagai tanggung jawab dalam da’wah kepada masyarakat dan untuk sarana silaturahmi pesantren dengan masyarakat.

SARANA DAN PRASARANA

Unutk menunjang kelancaran proses belajar mengajar PP Nurul Fitri memiliki sarana dan prasarana berdiri di atas lahan seluas 1.925 M2 . Adapun lahan yang sudah digunakan seluas 500 M2. digunakan sebagai fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

1. Gedung Utama, yang difungsikan sebagai :

a. Ruang Administrasi

b. Ruang Serbaguna merangkap Mushola

c. Kelas

d. Asrama santri putra dan putri

2. Warung Serba Ada (WASERDA) KOPONTREN NURUL FITRI

3. Satu ruang asatidz.

PROGRAM PENGEMBANGAN

Program pengembangan di PP Nurul Fitri meliputi pengembagan fisik dan non fisik. Pengembangan fisik disesuaikan dengan dana yang ada, diantaranya berupa penambahan dan perbaikan asrama dan fasilitas pondok. Adapun yang ada dalam agenda rencana pembangunan selanjutnya, antara lain :

1. Ruang Kelas

2. Ruang Laboratorium, antara lain untuk :

a. Lab. Bahasa

b. Lab. Komputer

c. Lab. Keterampilan (Menjahit, dan Percetakan)

3. Bengkel Praktek Kerja :

a. Pertukangan Kayu

b. Pengelasan

c. Otomotive.

4. Perpustakaan.

5. Asrama santri putra dan putri.

6. Landscape dan Arena Latihan Phisik.

Sementara untuk pengembangan non fisik berupa pengembangan dan pemberdayaan sumberdaya manusia. Program yang telah dan sedang diselenggarakan adalah dengan mengirim para asatid untuk ikut pelatihan-pelatihan yang akan menambah wasan pengetahuannya dan juga memberi kesempatan untuk melanjutkan perkuliahan. Hal ini agar apa yang menjadi Visi dan misi dapat tercapai.

0 komentar: